Mengganti Username dan Host Name di Ubuntu

Kadang saat kita memberi nama PC ( hostname ) dan Username ( nama user untuk login ) ketika menginstal sistem operasi di kemudian hari kita berubah pikiran. Nah, di sini saya juga mengalaminya pada PC saya. OS saya Ubuntu.
Saya telah mencoba di PC saya dan berhasil. O iya, untuk lebih enaknya kita aktifkan dulu login sebagai root ( bisa dilihat dipostingan saya yang ini ). Nah, kalau sudah silakan disimak.

Berikut sekilas gambarannya…

login screen ubuntu 11.04

Keterangan :
1 = hostname ( nama PC kita )
2 = username
3 = user account
========================

MENGGANTI HOSTNAME ( NAMA PC )

Masuk sebagai user account biasa ( bukan root )
Masukkan Password bila diminta.
Buka terminal / konsole.
Masuk sebagai admin ( root ) di terminal , ketik sudo su
Ketik hostname ( untuk mengetahui nama PC ).
Ketik gedit /etc/hostname ( nama lama ubuntu diganti dengan lasno )

edit hostname

hostname lama

hostname baru = wahyu
Hostname sudah berubah.
Akan tetapi jika kita membuka terminal dan masuk ke root akan ada peringatan ” sudo : unable to resolve host lasno ” ( jangan panik dulu ).
Coba edit dengan perintah gedit /etc/hosts

edit etc/hosts

Untuk mengetahui hasilnya restart dulu Ubuntunya

Hostname sudah berubah

MENGGANTI USERNAME

Masuk sebagai user biasa
Masuk ke System – Administration – Users and Groups

users and groups

Rubah username sesuai keinginan ( saya rubah dari linux menjadi mylinux )

merubah username

Klik pada change dan rubah sesuai keinginan
Selesai

MENGGANTI USER ACCOUNT

Masuk sebagai root saat pertama login ( baca ini untuk mengaktifkan root account )
login sebagai root

Buka terminal
Rubah user account dengan perintah usermod -l newuser ubuntu
( newuser = user account baru ; ubuntu = user account lama )

Dari ketiga langkah di atas kita telah merubah hostname , username dan user account
Berikut screenshoot hasil akhirnya

hasil akhir

Demikian sekelumit dari saya dan semoga bermanfaat.
Terimakasih atas kunjungannya.

Tinggalkan Balasan

